Tanggung Jawab & Tolong menolong yuk

Maunya Mami, anak-anak bertanggung jawab dengan akibat perbuatan mereka. Contohnya nih, kalau kejedot, yang dimarahin bukan temboknya, tapi ya salah sendiri karena jalan gak lihat-lihat. Kalau mainan berantakan, harus mereka juga yang beresin mainannya. Kalau nilai jelek, yang salah ya bukan mata pelajarannya, tapi kenapa gak belajar. Kalau punya kamar, ya beresin kamarnya.
Nah, nangkep kan maksud Mami?


Bertanggung jawab itu gampang diucapkan, susah dilaksanakan tapi.
Soalnya, Mami saja, kalau habis minum teh Pucuk, bukannya buang ke tempat sampah botolnya, malah digeletakin aja. Atau si Papi kalau habis make motor, kotor-kotor gak dibersih-bersihin tuh, begitu aja.


Jadi gimana donk biar pada menangkap pelajaran tentang tanggung jawab ini?


Nah, ketika Mami sudah bertekad, di saat itulah papi dan anak-anak harus mulai pasang kuda-kuda. Karena tekad mami biasanya membuahkan aturan dan larangan.
Jadi, bertekad untuk memberi contoh pada semua, Mami mulai dengan membereskan dapur. Karena yang pakai dapur kan cuma Mami, jadi kalau dapur berantakan, ya Mami yang harus beresin. Okeh, demi mengajarkan tanggung jawab, baiklah.
Trus, dilanjutkan dengan membersihkan kamar mandi. Tapi, yang pakai kamar mandi kan semua orang Mi? gak apa, kasih contoh jangan setengah-setengah. Tanggung jawab penuh.
Ketika mau membereskan lemari pakaian yang berantakan banget, Mami mulai pegel-pegel. Tapi lanjut donk, Mami gituloh.
Akibatnya malamnya mami pegel-pegel dan merengek ke papi.. "Piii.. pijitin, Mami pegel-pegel nih Pi..beresin semuanya". Papi senyum-senyum, "loh, kok minta pijitin sama papi, Papi kan gak bertanggung jawab bikin Mami pegel..". Anak-anak yang mendengar ketawa-ketawa dan bilang,
 "minta pijitin ama dapur aja miiii...wkwkwk".
Akhirnya Mami dapat satu pelajaran lagi. Gak cukup cuma punya tanggung-jawab, tapi yang harus lebih ditingkatkan adalah saling tolong menolong. Dan sejak itu dengan dalih untuk membudayakan tolong-menolong, Mami mulai melakukan aksi minta tolong berlebihan.
" De..tolong sapu rumah ya De". "KK, tolong cuci piring ya kk". " Pi tolong nge pel ya pi".. Mami ngapain.. Mager di depan TV..udah kecapean minta tolong.


Mami bandel ih....

Komentar

Postingan Populer