Up and downnya kehidupan

Ketika sedang dalam keadaan down, rasanya dunia gelap gulita, tidak terlihat cahaya dan merasa orang tersedih di dunia. Bagaimana donk biar gak begitu... gak sedih...gak gulita..

Berhubung ini bukan tulisan motivasi, cuma cerita diri, diambil bagusnya aja yaaaaa.

Tahu gak, bahwa semua rasa yang kita rasakan, itu cuma ada di dalam pikiran kita...bahwa semua itu cuma permainan pikiran...sebel kan...
trus bagaimana caranya biar pikiran tuh selalu menghasilkan yang positif positif aja? ya gak bisa lah.. pasti pikiran produce yang negatif juga. cuma buat meminimalisasi negativity ya dibawa ketawa aja kali ya.. banyak denger humor, banyak ngumpul sama positif person, baca buku, menulis, olahraga, cari kegiatan dan yang paling penting banyak bersyukur.

Nahh.. banyak bersyukur itu yang kadang lupa kita lakukan. Karena kok kayaknya intangible ya.. gak terlihat..konkritnya apa donk.. ya misalnya tubuh ajalah ya.. ya rawat tubuh kita dengan cara olahraga, makan yang bergizi.. untuk pikiran kita, kita kasih buku, mendengar yang positif, kegiatan yang bikin happy..Kalau bekerja, ya bekerja lah sebaik mungkin... tapi.. boleh kok kalau sekarang lagi malas bekerja.. karena misalnya sebel sama bos dll.. tapi kasih batas waktu ya.. jangan berlarut-larut..

Trus.. pernah denger tentang afirmasi? Afirmasi adalah penetapan yang positif seperti penegasan atau peneguhan yang berkaitan dengan sesuatu yang positif
Nah buat Mami, ramalan zodiak yang bagus itu salah satu bentuk afirmasi. Dengan memvisualiasi bahwa ke depannya hidup akan bagus, baik.. insya Allah yang terjadi akan sesuai.
Afirmasi yang lain apa coba? Percaya gak kalau doa adalah satu bentuk afirmasi? Afirmasi dan pengharapan, apalagi jika bisa pakai hati doanya.. wah.. semakin dalam semakin bagus.

Kita musti tahu juga, karakter kita seperti apa, apa yang membuat kita sedih atau bahagia. Dengan tahu karakter, kita jadi punya navigasi untuk berlayar di laut kehidupan kita. Contohnya gini. Kalau memang kita orangnya baperan, ya gak usahlah nonton film Joker yang bikin kita jadi ikutan depresi.  Kalau kita gampang tersentuh, ya janganlah baca berita yang suka ngaco di koran. Dengan menavigasi diri dan perasaan kita, kita mengurangi resiko untuk sedih dan berfikir negatif. Jangan cari-cari masalah gitu... toh masalah pasti akan menghampiri kita.

45 tahun hidup mami, bisa bertahan sampai saat ini dengan melewati semua cobaan hidup, dan come out oke, banyaklah pengalaman yang bisa mami petik.  Tapi yang mami tahu juga, ketika kita sedang menghadapi masalah, kadang kita suka lupa bahwa kita pernah melewati masalah ini sebelumnya, dan kita baik baik aja. Maka kadang perlu ya, untuk ingat, untuk menulis, bagaimana dulu cara kita melewati masalah tersebut. And selalu yakin bahwa "..this too shall pass"

So, cintai diri kita, karena at the end, kita memang cuma bersama diri kita sendiri. Sayangi diri kita, rawat diri kita... self love gituh..




Komentar

Postingan Populer